SELAMAT DATANG....

Semoga Blog saya ini dapat bermanfaat bagi rekan-rekan sesama bloger ataupun untuk kalangan mahasiswa dan umum. Atas segala kekurangan dalam Blog ini saya mohonkan maaf. Saya harapkan rekan-rekan dapat memberikan masukan dan kritikan serta memberikan sharing ilmunya untuk kemajuan kita bersama. Terima Kasih...

Rabu, 26 Mei 2010

CheatSheet Struktur Beton

Cheatsheet adalah lembaran contekan. Anak-anak sekolah, pelajar, dan mahasiswa tentu sudah familiar dengan benda yang satu ini. Benda ini sangat membantu ketika ujian. Tapi… hanya sekedar membantu memperoleh nilai, atau paling banter hanya membantu untuk memperoleh kelulusan. Kalau memang ada pelajar yang memperoleh nilai bagus dengan bantuan cheatsheet, maka dia adalah pelajar yang berbakat. Berbakat untuk melakukan kecurangan-kecurangan lain di masa depan. Hehehe..

Saya sendiri tidak ingat apakah pernah menggunakan cheatsheet sewaktu ujian. Yang saya ingat adalah saya pernah menggunakan buku sebagai contekan, bukan lagi lembaran curang. :) Saat ini, yang namanya ujian sudah tidak seperti dulu lagi. Jika semasa studi, ujian diberikan dalam waktu tertentu, kalau sekarang ujian selalu muncul kapan saja dan di mana saja. Misalnya ujian ketika dimintai “tolong” oleh orang lain untuk melakukan desain struktur gedung tertentu. Kadang ujiannya sangat mudah, kadang juga sangat sulit, sampai harus buka literatur dan referensi sana-sini.

Pembuatan cheatsheet dalam bidang sipil (struktur) sebenarnya sudah sangat sering dilakukan oleh para insinyur. coba lihat di sekeliling meja kerja, buku agenda, buku kerja, atau apapun di sekitar lingkungan kerja, setidaknya ada beberapa lembar catatan atau kutipan atau hasil fotokopian informasi penting dan dikumpulkan di dalam satu arsip tertentu. Kadang malah lembaran-lembaran itu ditempel di dinding meja kerja agar mudah dilihat sewaktu-waktu. Ide membuat cheatsheet dalam format yang lebih “compact” muncul ketika saya sedang mencari beberapa referensi di internet tentang summary untuk beberapa bahasa pemrograman khususnya web programming (php, mysql, ajax, dan jquery), dan tidak sengaja saya menemukan banyak sekali cheatsheet yang sangat bermanfaat.
Kalau mau coba, silahkan ketik kata “cheat” pada images.google.com.

Karena benar-benar sangat bermanfaat bagi saya khususnya, saya kepikiran, kenapa tidak membuat cheatsheet sejenis itu untuk keperluan desain struktur. Ternyata tidak gampang membuat cheatsheet untuk struktur. Tapi sebagai permulaan, setidaknya ada yang bisa saya bagikan kepada rekan-rekan para penggemar bidang struktur sipil di sini.

Cheatsheet ini khusus untuk struktur beton bertulang, dan masih dalam tahap pengembangan. Oleh karena itu, kami memberinya nama CheatSheet Struktur Beton v1.0.

Silahkan mendownloadnya di sini.
Atau di sini.
(buka jendela baru)

Isi CheatSheet Struktur Beton v1.0:
- Tabel luas tulangan pelat
- Tabel luas tulangan balok/kolom
- Tabel tulangan geser balok
- Tabel tulangan minimum pelat
- Tabel tulangan minimum dan maksimum balok
- Mutu beton (f’c dan K)
- Summary selimut beton
- Summary desain lentur balok
- Summary desain geser balok

Semoga bermanfaat.
Dan, nantikan cheatsheet berikutnya.[]


Sumber : www.duniatekniksipil.web.id

Tidak ada komentar:

Top Posting